PANDUAN PENERIMAAN SISWA BARU 2017 - 2018

PANDUAN PENERIMAAN SISWA BARU 2017 - 2018

                       LAZUARDI HAURA GIS - PRA TK/TK/SD dan SMP
                                        TAHUN AJARAN 2017 - 2018


INFORMASI UMUM
   

Informasi Pendaftaran
   
1.    Informasi PSB                                  :  Ms. Apriyanti, S.E., Ms. Rosmala Dewi, A.Md. 
2.    Kepala sekolah & Wakasek              :  Tr. Duli Maryana, S.Pi.                                                   
                                                                  Tr. Eka Puspita Indriani, S.T.P.                                                   
                                                                  Tr. Rosida Rosa, S.Pd.Ing                                                   
                                                                  Tr. Lilis Widiawati, S.Pd.Ing                                                  
                                                                  Tr. Ariyos Rizal, S.Pd. 

WaktuPendaftaran
   ·         
Pendaftaran dimulai dari tanggal 1 Desember 2016, (tempat terbatas, sesuai quota ) ·    

Jam kerja :
Senin s/d Jum’at                            08.00  s/d 16.00 WIB
Sabtu (mulai bulan Maret 2017 - sampai kuota terpenuhi )          
                                                      08.00  s/d 12.00 WIB  
Pendaftaran dibuka bilamana masih tersedia kuota siswa : ·         

Gelombang awal  I                         : Pendaftaran sampai dengan 18 Maret 2017 ·         
Gelombang awal  II                        : Pendaftaran sampai dengan 31 Mei 2017·         
Reguler                                           : sesuai tanggal pendaftaran siswa baru yang diumumkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Lampung.
                                                         Pendaftaran akan ditutup bilamana kuota sudah terpenuhi sebelumnya.

JENJANG PENDIDIKAN  


Jam Belajar Reguler
  KB & Pra TK

Senin – Rabu  - Jumat            :  Pukul 07.30 – 10.00 WIB (Play Group & Pre K)
Selasa – Kamis – Jumat          :  Pukul 07.30 – 10.00 WIB  

TK      
    
Senin – Jumat                         :  Pukul 07.30 – 11.00 WIB
Ekskul / Remedial                 :  sesuai hari ekskul  :  Pukul 11.00 – 11.30 WIB     

SD
(Primary Grade 1-3)  
Senin – Selasa                         :   Pukul 07.30 – 14.10 WIB  
Rabu – Kamis                          :   Pukul 07.30 – 13.35 WIB
Jumat                                      :   Pukul 07.30 – 11.30 WIB   

SD (Primary Grade 4-6)

Senin    - Selasa                      :  Pukul 07.30 – 14.45 WIB                       
Rabu-Kamis                            :  Pukul 07.30 – 14.10 WIB
Jumat                                      :  Pukul 07.30 – 11.45 WIB              

SMP
(Junior High 7-9)             
Senin – Kamis                         : Pukul 07-30 – 14.30 WIB
Jumat                                      : Pukul 07.30 – 13.50 WIB
Ekskul, Club dan Tryout Ujian Nasional diadakan di luar jam belajar / hari regular diatas.

Tempat Pendaftaran  : 

LAZUARDI HAURA GIS
Jl. HM. Hasan Rais No. 9-10 Sumur Putri, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung. Telp. 0721 476 555, 0721 472550
dan  0851 00599000 Fax . 0721 - 472550  
Email : info.haura@lazuardi-gis.net
Web   : http://www.lazuardi-gis.net,  dan http://www.lazuardi-haura.sch.id
Facebook : lazuardi haura gis     Instagram : lazuardihaura
 

PROSES PENDAFTARAN
 

I.     Informasi Sekolah
 
Diharapkan orang tua mendapatkan informasi yang lengkap tentang konsep pembelajaran dan kebijakan sekolah Lazuardi Haura GIS sebelum memutuskan untuk mendaftarkan ananda, untuk itu dengans senang hati kami akan memberikan penjelasan kepada orang tua / wali murid melalui contact person kami, baik secara online atau dengan mengunjungi kami di sekolah. Bagi orang tua / wali murid yang menginginkan, sekolah juga menyediakan One Day Trial class (untuk siswa Pra TK dan TK) atau School Tour (untuk siswa SD dan SMP).


II. Pembelian formulir
1.       Membayar biaya pendaftaran PSB sebesar Rp300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah). Bilamana terjadi  pembatalan pendaftaran oleh        orang tua maka biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
2.      
Mempelajari proses pendaftaran yang tercantum pada panduan pendaftaran
3.       Setelah pendaftaran,panitia akan segera menentukan jadwal observasi siswa sekaligus interview bagi orangtua. Penentuan jadwal akan diberitahukan kemudian.


III. Kelengkapan Formulir  
1. Mengisi formulir pendaftaran P1 – P5, dan surat kuasa bilamana salah satu orangtua tidak dapat hadir pada saat interview.
2. Melengkapi formulir dengan melampirkan dokumen sebagai berikut :            
    Kelengkapan dokumen umum (bagi calon siswa Pra Tk, TK, SD dan SMP baru maupun pindahan) :
     o   1 lembar fotocopy  akte kelahiran (asli diperlihatkan)
     o   1 lembar fotocopy kartu keluarga  (asli diperlihatkan)
     o   Pas foto berwarna  ukuran 3x4 = 6 lembar, ukuran 2x3 = 4 lembar, ukuran 5R = 3 lembar
     o   Photo ananda bersama keluarga 5R= 3 lembar (bila merupakan hasil dari cetak printer, mohon    photo untuk dilaminating)
     o   Menyerahkan medical record dari dokter keluarga (formulir dari sekolah)
     o   Menyerahkan psikotes record dari psikolog bagi calon siswa Special Need (SN),
     bilamana    dibutuhkan.    

     Bagi calon siswa SD :

     o   1 lembar foto copy ijazah TK (asli diperlihatkan) 
     Bagi calon siswa SMP :
     o   1 lembar fotocopy SKHU sementara yang telah dilegalisir  
     Bagi siswa pindahan SD/SMP :
     o    Surat Keterangan pindah dari sekolah asal yang telah divalidasi oleh dinas pendidikan daerah asal
     o    Fotocopy raport dari sekolah sebelumnya yang telah dilegalisir
     o    1 lembar fotocopy ijazah dan SKHU yang telah dilegalisir (bagi siswa pindahan SMP) 
    
Bagi calon siswa wajib melengkapi dokumen umum ditambah dengan dokumen sesuai dengan jenjang sekolah pada saat pendaftaran (Pra TK/TK/SD/SMP) pada saat registrasi ulang.            

IV. Prosedur Penerimaan Siswa Baru / Pindahan  

Setelah formulir P1 sampai dengan P5 telah terisi lengkap (Formulir P1 ditinggal di sekolah), maka sekolah akan menjadwalkan wawancara dengan orang tua, observasi ananda dan tes bagi siswa SMP. Jadwal akan diberitahukan kemudian.  
    

A. Wawancara Orangtua  
Wawancara orangtua merupakan pengenalan tahap awal orangtua terhadap sekolah Lazuardi Haura GIS dan sebaliknya.  Namun wawancara ini juga merupakan  bagian dari   proses PSB secara keseluruhan. Kesepahaman antara pihak orangtua dan pihak sekolah atau sebaliknya merupakan dasar untuk kelanjutan proses penerimaan siswa baru. Wawancara dengan orangtua     tidak dapat diwakilkan. Jika 2 (dua) kali undangan interview, orangtua tidak hadir maka calon siswa dianggap mengundurkan diri.   
  
B. Observasi/tes
 
Calon siswa Kelompok Bermain/Pra TK/TK/SDdan SMP
1.    Setiap calon siswa wajib mengikuti observasi dan test (SMP) terjadwal
2.    Jika diperlukan calon siswa diminta mengikuti test psikologi yang jadwalnya akan ditentukan kemudian.
3.    Observasi dan test psikologi (bila diperlukan), bertujuan untuk mengetahui kesiapan siswa dalam mengikuti proses belajar di Lazuardi Haura GIS  
4.    Materi observasi disesuaikan dengan level yang akan dimasuki
5.    Jika terdapat indikasi ananda membutuhkan perhatian khusus, sekolah akan merujuk ananda untuk melakukan observasi lanjutan.
6.    Apabila calon siswa berhalangan hadir pada jadwal yang ditentukan, mohon segera menghubungi sekretaris PSB untuk dijadwalkan ulang


V.      Penentuan Hasil Observasi/Test 
Lazuardi Haura GIS dengan paradigma Multiple Intelligence meyakini bahwa sekolah unggulan adalah sekolah dengan the best process bukan the best input sehingga pada prinsipnya semua anak akan diterima sesuai dengan urutan pendaftarannya kecuali :
1.    Jika hasil observasi/tes menunjukkan ananda membutuhkan perhatian khusus (special need) sementara tempat sudah tidak memungkinkan
2.    Jika terdapat ketidaksepahaman orangtua terhadap konsep pembelajaran maupun kebijakan sekolah.    

VI.  Pendaftaran Ulang Siswa Baru 2017 - 2018
Keputusan hasil observasi dapat diterima 3 (tiga) hari setelah ananda diobservasi dan wawancara dengan orangtua usai. Orangtua akan mendapat surat keterangan untuk dapat melanjutkan proses atau tidak dari sekolah. Bagi ananda yang membutuhkan observasi lanjutan, kepastian dapat melanjutkan proses pendaftaran atau tida, dapat diterima satu minggu setelah proses observasi lanjutan dilakukan. Untuk memastikan kuota Siswa Baru 2016-2017 pendaftaran dilakukan dengan menyelesaikan booking fee (pembayaran angsuran 1 ). Bagi orangtua yang tidak melakukan proses ini dalam tempo 5 hari kerja, maka kuota dapat dialihkan pada pendaftar lain. Bila kuota siswa masih tersedia pendaftaran siswa dapat dilanjutkan.

Kelengkapan Administrasi Pendaftaran Ulang:
 
1. Orangtua menandatangani surat pernyataan terlampir di atas kertas bermaterai  Rp. 6000,-    (disediakan oleh sekolah)
2. Menyerahkan pas foto orangtua dan/penjemput 2x3 masing-masing 2 lembar untuk identitas penjemput bagi siswa Pra TK/TK/SD dan SMP  

VII. Pengukuran Seragam
 
Pengukuran seragam dilaksanakan setelah  ananda menyelesaikan booking fee (angsuran 1)      


VIII.Ketentuan Biaya   Biaya pendaftaran :
Untuk pendaftaran Siswa Baru / pindahan dikenakan biaya sebesar Rp 300.000, Bagi Siswa TK Lazuardi Haura yang melanjutkan pendidikannya ke SD Lazuardi Haura, dan siswa SD Lazuardi haura yang melanjutkan pendidikannya ke SMP Lazuardi Haura akan mendapatkan discount  pada biaya pendaftaran pada   Periode 1 sebesar 50 % (menjadi Rp. 150.000) dan Periode 2 sebesar 25 % (menjadi Rp. 225.000).  

Keringanan Biaya Pendidikan 

Discount Biaya Pendidikan Siswa Baru 2017 - 2018 :
 
Uang pangkal  
Pendaftar Umum : Discount uang pangkal untuk Gelombang 1 dan 2  

Siswa TK / SD Lazuardi Haura GIS yang melanjutkan pendidikan jenjang selanjutnya ke SD / SMP Lazuardi Haura :       Mendapatkan discount khusus uang pangkal untuk pendaftaran masa pendidikan satu jenjang penuh pada gelombang 1 dan 2 dengan menggunakan voucher lazuardians 

SPP


Bila kakak bersekolah di Lazuardi Haura, adik akan mendapatkan diskon sebesar 10% dari biaya SPP selama kakak bersekolah di Lazuardi Haura GIS

Bila membayar SPP setahun sekaligus akan mendapatkan bebas SPP 1 bulan.        

Tepat waktu (sampai tanggal 10 setiap bulannya) dalam pembayaran SPP akan mendapatkan Discount.

Teknis Pembayaran:
 
Perihal booking fee :
Booking Fee adalah pembayaran angsuran pertama dari Biaya pendidikan.
1.    Booking  fee tidak dapat ditarik kembal (hangus) jika dikemudian hari terjadi pembatalan dari pihak orang tua dengan alasan apapun.
2.    Proses Pembayaran: Pembayaran biaya masuk  dapat dilakukan : Secara tunai ke bagian keuangan sekolah atau dapat melalui rekening bank sekolah. Pembayaran melalui transfer bank akan diakui transaksinya setelah confirmed dari Bank.  

Ketentuan Pengembalian Uang Pangkal
:  
Uang sekolah, SPP dan  Uang seragam yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.  
Pengembalian uang pangkal hanya diperkenankan apabila ananda mengundurkan diri yang disebabkan oleh kepindahan domisili orangtua yang dibuktikan dengan surat keterangan pindah domisili dari kelurahan dan foto copy Surat Keputusan dari kantor, dengan ketentuan sebagai berikut:  
1.   Bagi Pendaftar Pra-TK/TK, SD dan SMP yang membatalkan sebelum  1 Juli 2016 (jatuh pada tanggal dimulainya awal tahun ajaran) uang pangkal angsuran 1 dikembalikan dengan dikenakan biaya   administrasi sebesar Rp. 500.000,-  dan wajib melunasi SPP bulan juli
2.    Bagi yang mengundurkan diri pada bulan Agustus saat  proses belajar-mengajar berlangsung, maka pengembalian uang pangkal angsuran 2 dapat dilakukan dengan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 500.000,- dan wajib melunasi SPP bulan agustus
3.    Pengembalian uang pangkal tidak dapat dilakukan jika pengunduran diri setelah proses belajar mengajar melebihi ketentuan tersebut diatas.

LAIN-LAIN:   Katering dan Antar Jemput Siswa

Sekolah bekerjasama dengan pihak penyedia jasa menyediakan Katering dan layanan antar jemput bagi siswa dengan menggunakan kupon. Pemesanan dan pendaftaran dapat menghubungi administrasi sekolah

Pemesanan dan Pengambilan Buku Paket untuk Siswa SD dan SMP
 Siswa dapat membeli buku pelajaran di toko buku dan tidak wajib membelinya di sekolah.   Pemesanan buku paket pelajaran import (Singapore, Cambridge, US) dapat dilakukan sampai dengan bulan April 2016 dengan menghubungi  administrasi cp. Ms. Apriyanti & Ms Rosmala Dewi. Pemesanan setelah waktu tersebut hanya dapat dilayani bila persediaan buku masih ada.
Untuk pembelian buku pelajaran import, dibayar dimuka saat pemesanan.  

Orientasi Sekolah :

Orientasi sekolah Pra TK-TK akan dilakukan di awal tahun ajaran selama tiga hari. ·        
SD dan SMP akan mengadakan kegiatan masa orientasi siswa (MOS) pada minggu pertama tahun ajaran baru.  

Class Confrence
Class confrence adalah pertemuan guru kelas bersama orang tua siswa yang akan mendiskusikan tentang program belajar siswa dan informsi siswa lainnya. Mengingat pentingnya pertemuan tersebut maka orang tua Wajib untuk menghadirinya. Jadwal  akan ditentukan kemudian.  

Awal tahun ajaran baru
Awal tahun ajaran jatuh pada tanggal 18 Juli 2017 (Bila ada perubahan, akan diberitahukan kemudian)    

Bandar Lampung, 1 Desember 2016                                    



Duli Mariana, S.Pi.
                                     
Eka Puspita Indriani, S.T.P.                            Ariyos Rizal, S.Pd                                            
Ketua PSB Pra TK/TK                               Ketua PSB SD                                                   
Ketua PSB SMP