Kurikulum TK

Kurikulum TK

Pra TK & TK merupakan perpaduan antara konsep Multiple Intelligences Howard Gardner dengan kurikulum nasional. Selanjutnya kurikulum TK disusun berdasarkan ruang lingkup pembelajaran yang meliputi program pembiasaan (moral dan nilai-nilai agama serta sosial emosional), kemampuan kognitif, fisik, bahasa dan seni.

Proses belajar mengajar di Pra Tk/TK menggunakan system area (learning centre)  menempati ruang kelas besar maupun di luar kelas  dengan beberapa ruang aktivitas  seperti outside, music room, audio Visual, dan library sekolah.

TK Lazuardi menggunakan system sentra dengan metode kelas berpindah (moving Class), saat ini terdapat 9 sentra yaitu : IMTAQ, Make believe, Art & music, Discovery, Library, Block and Shape , Computer, Audio Visual, Outside. Sistem sentra tersebut di bangun berdasarkan konsep majemuk (multiple intelligences).

Penerapan bilingual program di Pra TK/TK, penggunaannya lebih sebagi classroom language
Secara umum, kegiatan di Pra-TK/TK sangat bervariasi.  Selain mengerjakan lembar kerja sambil bermain, anak-anak juga melakukan percobaan-percobaan sains, berpraktik memasak, membuat minuman segar, dan berlatih melakukan ketrampilan motorik, dengan berpindah-pindah dari satu sentra ke sentra lain. semuanya dilakukan dalam permainan dan suasana yang menyenangkan tentunya. 

Siswa TK  juga mulai dikenalkan dengan warna, angka dan huruf. Semua itu dilakukan dengan permainan yang melibatkan gerak dan pikiran. Sambil bermain pun mereka berlatih bersosialisasi dengan teman dan guru, dan juga belajar mandiri dalam suasana yang ceria.

Di hari senin, di laksanakan upacara bendera dan apel. Apel dilakukan setiap 2 minggu. Kegiatan ini di lakukan untuk melatih kecintaan anak-anak kepada tanah air sejak dini.
Setiap haris selasa, anak-anank Pra-TK/TK melakukan senam pagi atau berolah raga jalan kaki ke luar gedung sekolah, melihat pemandangan di luar sambil mengenal lingkungan.
Di haru rabu dan kamis, merupakan hari buah, sayur dan susu. Siswa diminta membawa buah-buahan untuk membiasakan siswa makan sayur  dan menyukai buah dan minum susu.
Di akhir minggu sebuah tema,  dipilih hari Jumat sebagai Hari Ceria untuk memberikan penekanan pada tema yang sedang berlangsung. Pada hari itu, seluruh siswa Pra-TK/TK berkumpul di  Hall dan halaman  sekolah untuk bersama-sama membahas berbagai hal yang  berkaitan dengan tema pelajaran minggu itu. Jika diperlukan, anak-anak dan guru akan mengenakan kostum sesuai tema. 


Selain itu anak-anak juga berkesempatan belajar dengan menggunakan computer dan menonton film-film yang menunjang pendidikan. Film yang di tonton sarat dengan muatan agama dan pendidikan karakter untuk anak. Dan belajar menggunakan tekhnologi secara bijaksana juga sangat baik membekali anak-anak untuk menghadapi dunianya.

Program lain yang diselenggarakan oleh Pra-TK/TK adalah Assembly Class. Setiap anak akan  tampil menunjukkan kemampuannya. Dalam kegiatan ini penampilan di lakukan dari anak-anak, oleh anak-anak dan untuk anak-anak. Di dalamnya terdapat tampilan surat pendek, puisi, musical drama yang di tampilkan dengan penuh keceriaan.  Di harapkan dengan assembly class dapat melatih  rasa percaya diri dan keberanian untuk tampil dihadapan orang banyak. Keterampilan abad 21 , 4 C communication, collaboration, creativity dan critical thinking akan terasah dalam persiapan dan penampilan assembly Class. 
  
Untuk membiasakan menu makanan variasi dan peran kemandirian siswa akan melakukan cooking class. Menu yang dimasak adalah menu sehat dan sederhana proses pembuatannya.diharapkan anak-anak mengenal berbagai olahan sehat.

Aktivitas mini farm di lakukan setiap minggunya. Anak-anak  belajar bercocok tanam dengan menanam dan merawatnya.  Bersama guru dan teman-teman juga memanen hasil kebun sayuran maupun buah-buahan yang ada di sekolah. hasil panen di jual kepada orang tua, dan hail penjualannya di masukkan kedalam infaq yang akan di gunakan pada saat kunjungan sosial masyarakat sekitar sekolah.

Aktivitas dimulai di pagi hari pukul 07.00 - 08.00 pagi dengan playing  dan morning cycle, bermandikan hangatnya matahari pagi yang menyehatkan anak-anak bermian bebas di halaman sekolah dengan berbagai permainan. Mengenal aturan permainan, sosialisasi, kemandirian dan kepemimpinan motorik kasar dan motorik  halus,  terasah dan terasuh dengan menyenangkan. 

Pembelajaran dalam scen setting permainan selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak, mengaji dan shalat berjamaah menjadi aktifitas penuh cinta, di selingi dengan dua kali istirahat, snack time dan makan siang.
Setelah makan siang , bermain bebas kembali dan shalat dhuhur.  aktivitas sekolah akan diakhir dengan tidur siang sampai pada pukul 13.30.  

Sekolahku adalah rumahku.