Kurikulum TK

Kurikulum TK

Pembelajaran di Pra TK & TK memiliki sasaran pokok pembangunan kemampuan sosialisasi, rasa percaya diri dan life skills anak sesuai dengan usia perkembangannya. Sekolah menyediakan lingkungan belajar yang positif bagi anak, bukan saja untuk mengenal diri, keluarga, dan teman-teman, tetapi juga bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan diri sendiri, keluarga, teman-teman maupun masyarakat luas.

Pra TK & TK merupakan perpaduan antara konsep Multiple Intelligences Howard Gardner dengan kurikulum nasional. Selanjutnya kurikulum TK disusun berdasarkan ruang lingkup pembelajaran yang meliputi program pembiasaan (moral dan nilai-nilai agama serta sosial emosional), kemampuan kognitif, fisik, bahasa dan seni.

Proses belajar mengajar di Pra Tk/TK menggunakan system area dengan menempati satu ruang kelas dengan beberapa ruang penunjang  seperti outside, music room, audio Visual, dan library sekolah.TK Lazuardi menggunakan system sentra dengan metode kelas berpindah (moving Class), saat ini terdapat 9 sentra yaitu : imtaq, Make believe, Art&music, Discovery, Library, Block, Computer, Audio Visual, Outside. Sistem sentra tersebut di bangun berdasarkan konsep majemuk (multiple intelligences).

Penerapan bilingual program di Pra TK/TK, penggunaannya lebih sebagi classroom language, sedangkan penjelasan materi masih banyak menggunakan bahasa Indonesia
Secara umum, kegiatan di Pra-TK/TK sangat bervariasi.  Selain mengerjakan lembar kerja sambil bermain, anak-anak juga melakukan percobaan-percobaan sains, berpraktik memasak, membuat minuman segar, dan berlatih melakukan ketrampilan motorik, dengan berpindah-pindah dari satu sentra ke sentra lain. semuanya dilakukan dalam permainan dan suasana yang menyenangkan tentunya. Siswa TK  juga mulai dikenalkan dengan warna, angka dan huruf. Semua itu dilakukan dengan permainan yang melibatkan gerak dan pikiran. Sambil bermain pun mereka berlatih bersosialisasi dengan teman dan guru, dan juga belajar mandiri dalam suasana yang ceria.
Di hari senin, di laksanakan upacara bendera dan apel. Apel dilakukan setiap 2 minggu. Kegiatan ini di lakukan untuk melatih kecintaan anak-anak kepada tanah air sejak dini.Setiap haris selasa, anak-anank Pra-TK/TK melakukan senam pagi atau berolah raga jalan kaki ke luar gedung sekolah, melihat pemandangan di luar sambil mengenal lingkungan.Di haru rabu dan kamis, merupakan hari buah, sayur dan susu. Siswa diminta membawa buah-buahan untuk membiasakan siswa makan sayur  dan menyukai buah dan minum susu.
Di akhir minggu sebuah tema,  dipilih hari Jumat sebagai Hari Ceria untuk memberikan penekanan pada tema yang sedang berlangsung. Pada hari itu, seluruh siswa Pra-TK/TK berkumpul di  Hall dan halaman  sekolah untuk bersama-sama membahas berbagai hal yang  berkaitan dengan tema pelajaran minggu itu. Jika diperlukan, anak-anak dan guru akan mengenakan kostum sesuai tema. 

Selain itu anak-anak juga berkesempatan belajar dengan menggunakan computer dan menonton film-film yang menunjang pendidikan. Film yang di tonton sarat dengan muatan agama dan pendidikan karakter untuk anak.

Program lain yang diselenggarakan oleh Pra-TK/TK adalah assembly. Setiap anak akan  tampil menunjukkan kemampuannya. Dalam kegiatan ini penampilan di lakukan dari anak-anak, oleh anak-anak dan untuk anak-anak. Di dalamnya terdapat tampilan surat pendek, puisi, musical drama yang di tampilkan dengan penuh keceriaan.  Di harapkan, dapat melatih  rasa percaya diri dan keberanian untuk tampil dihadapan orang banyak.
  
Untuk membiasakan menu makanan variasi dan peran kemandirian siswa akan melakukan cooking class. Menu yang dimasak adalah menu sehat dan sederhana proses pembuatannya.diharapkan anak-anak mengenal berbagai olahan sehat.
Aktivitas mini farm di lakukan setiap minggunya. Anak-anak  belajar bercocok tanam dengan menanam dan merawatnya.  Bersama guru dan teman-teman juga memanen hasil kebun sayuran maupun buah-buahan yang ada di sekolah. hasil panen di jual kepada orang tua, dan hail penjualannya di masukkan kedalam infaq yang akan di gunakan pada saat kunjungan sosial masyarakat sekitar sekolah.

Program kokurikuler Pra TK/TK antara lain ;

  • Pembiasaan surat pendek dan doa harian dalam aktivitas yang di lakukan secara rutin seperti Pengenalan al-asma’al husna, Praktik shalat berjamaah di hari jumat program ini terintegrasi dalam aktivitas di sentra imtaq.  
  • Karya wisata besar (1 kali)  yang bertempat di wisata alam, di dalam nya terdapat games  untuk melatih kerjasama, kekompakan, kemandirian, keberanian dalam team yang melibatkan seluruh anak-anak.
  • Field trip (2 kali dalam  1 tahun ajaran), fieldtrip di lakukan bedasarkan tema pembelajaran. seperti ke kebun binatang, praktek membuat makanan/ minuman, mengenal berbagai alat transportasi dll.
  • Environment Learning  dan Service Learning (2 kali dalam satu tahun ajaran). hal ini diharapkan anak-anak dapat lebih berinteraksi dengan masyarakat sekitar.
  • Peminjaman buku di lakukan setiap minggunya.  hal ini  untuk melatih cinta membaca kepada anak-anak dan memiliki literasi yang baik.
  • Gosok gigi (mingguan), kegiatan menggosok gigi di lakukan secara terjadwal. hal ini maksudkan untuk melatih life skill sejak dini.
  • Bercocok tanam di minifarm, anak-anak di latih untuk menanam dan merawat tanaman. setiap semester akan di lakukan panen yang akan di jual kepada ayah dan bunda.
  • Berenang/ Aqutic di lakukan secara terjadwal setiap bulannya.
  • Senam pagi mingguan di lakukan secara rutin oleh seluruh siswa dan guru bersama-sama
  • Berderma/bersedekah, di lakukan setiap hari jumat. anak-anak di bawakan infaq. hasil infaq akan di bagikan kepada masyarakat sekitar pada saat program kunjungan sosial.