Kurikulum SD

Kurikulum SD

SD Islam Lazuardi Haura GIS adalah sekolah Islam berwawasan Global yang menerapkan Kurikulum Nasional dari Kementerian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan mengadopsi program internasional Cambridge International Primary Program (CIPP) dari University of Cambridge. Pembelajaran secara umum akan disampaikan kepada siswa dengan menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris khususnya dalam 3 (tiga) bidang studi Bahasa Inggris, Science, Mathematic dan juga Health.

Sebagai bagian dari penerapan standari program  CIPP, bagi kelas 3, 4, dan 5, akan mengikuti Progression Test untuk mata pelajaran Science, Mathematic dan English. Progression Test dimaksudkan untuk mengikut sertakan siswa dalam standar Intrnasional dan mengetahui perkembangan siswa dalam pengetahuan dan keahlian dibidang matematik, bahasa ingris dan sains.

Bagi siswa kelas 6 akan mengikuti Achievement Test, yang langsung diselenggarakan dari University of Cambridge. Dengan mengikuti program CIPP , SD Lazuardi menyiapkan lulusannya untuk dapat melanjutkan program sertifikasi kelas dunia.

Kurikulum khas lazuardi ingin menghantarkan siswanya kepada tujuan pembelajaran seumur hidup yang berkesinambungan  untuk membekali siswanya mencapai kebahagaiaan dunia dan akherat sebagai hakekat penciptaan manusia. 

Dengan menggunakan pendekatan belajar Multiple Intelligences untuk melahirkan potensi kecerdasan majemuk siswa dan pembelajaran aktif (active learning) dalam dua bahasa (billingual). 
Pembelajaran yang menyenangkan  dan berpusat pada anak (student oriented) dengan konsep sekolah berorientasi alam menempatkan lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tidak terbatas.

PENILAIAN dalam PEMBELAJARAN
SD Lazuardi Haura GIS menggunakan penilaian Autehentic assasment berbasis porto folio, sehingga pembelajaran akan berfokus pada penilaian proses sebagaimana siswa akan menghadapinya di dunia nyata
Dengan penilaian Authentic Assasment dapat memaksimalkan potensi belajar siswa sekaligus melatih pengaplikasian ilmu secara kontekstual juga mengasah kemampuan ‘problem skill” dan melahirkan kreatifitas pada anak membekalinya dengan life skill.
Pembelajaran terukur dalam indikator dengan  asesment as learning & asesment for learning dalam Porto Folio yang dilakukan siswa selama pembelajaran. Kompetensi pembelajaran siswa terukur dalam asesment of learning memastikan siswa menguasai kemampuan kognitif maupun sikap dan keterampilan sesuai ranah pembelajarannya. 

PENDIDIKAN AGAMA
Pendidikan agama berorientasi ketakwaan, akhlak (islamic character building) dan pembiasaan ibadah sebagai kebutuhan.
Pengajaran agama terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari (contextual learning) dengan pengajaran akhlak, dan ibadah juga kegiatan keagamaan seperti:  Shalat Berjamaah, dan Spiritual Camp dan Charity seperti bazar, pasar murah, pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah, qurban hari raya, penggalangan dana, dan bakti sosial dan juga kegiatan reciting quran. 

CAMBRIDGE INTERNATIONAL PRIMARY PROGRAME
SD Lazuardi Haura menerapkan program CIPP dari the university of Cambridge  International Examination (CIE) untuk siswa berusia 8-11 tahun. Program ini menyediakan test standar untuk memonitor perkembangan siswa dalam pengetahuan dan keahlian dibidang Matematik, Bahasa Inggris dan Sains. Program ini sekaligus juga menyiapkan siswa untuk melanjutkan ke kualifikasi formal IGCSE atau O level programme melaui test Check Point.
Dengan mengikuti program ini, SD Lazuardi menyiapkan lulusannya untuk dapat mengikuti program sertifikasi kelas dunia.