Kurikulum SMP

Kurikulum SMP

SMP Lazuardi Haura GIS adalah sekolah Islam berwawasan global yang menerapkan  Kurikulum Nasional dari Kementerian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan serta  mengadopsi segi terbaik dari Kurikulum Internasional. SMP lazuardi haura GIS terafiliasi pada Program Internasional Lower Secondary Program (LSP) disertai dengan muatan agama berorientasi akhlak.

Lazuardi GIS sebagai Cambridge International Centre memfasilitasi SMP Lazuardi Haura GIS dengan  Lower Secondary Program (LSP) dari  Cambridge International Examination.
SMP Lazuardi Haura GIS berupaya melahirkan anal-anak masa depan yang kompetitif, sejahtera fisik dan mental serta memiliki landasan spiritual yang kuat.

Dengan menggunakan pendekatan belajar Multiple Intelligences untuk melahirkan potensi kecerdasan majemuk siswa dan pembelajaran aktif (active learning) dalam dua bahasa (billingual).
Pembelajaran yang menyenangkan  dan berpusat pada anak (student oriented) dengan konsep sekolah berorientasi alam menempatkan lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tidak terbatas.

PENILAIAN dalam PEMBELAJARAN
SMP Lazuardi Haura GIS menggunakan penilaian Autehentic assasment berbasis porto folio, sehingga pembelajaran akan berfokus pada penilaian proses sebagaimana siswa akan menghadapinya di dunia nyata
Dengan penilaian Authentic Assasment dapat memaksimalkan potensi belajar siswa sekaligus melatih pengaplikasian ilmu secara kontekstual juga mengasah kemampuan ‘problem skill” dan melahirkan kreatifitas pada anak membekalinya dengan life skill.
Pembelajaran terukur dalam indikator dengan  asesment as learning & asesment for learning dalam Porto Folio yang dilakukan siswa selama pembelajaran. Kompetensi pembelajaran siswa terukur dalam asesment of learning memastikan siswa menguasai kemampuan kognitif maupun sikap dan keterampilan sesuai ranah pembelajarannya. 

PENDIDIKAN AGAMA
Pendidikan agama berorientasi ketakwaan, akhlak (islamic character building) dan pembiasaan ibadah sebagai kebutuhan.
Pengajaran agama terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari (contextual learning) dengan pengajaran akhlak, dan ibadah juga kegiatan keagamaan seperti:  Shalat Berjamaah, Shalat Tahajud dan Spiritual Camp dan Charity seperti bazar, pasar murah, pengumpulan zakat, infaq dan shadaqah, qurban hari raya, penggalangan dana, dan bakti sosial dan juga kegiatan reciting quran.
Pelantikan Aqil Baligh dilakukan bersama siswa untuk menumbuhkan kesadaran akan munculnya tanggung jawab sebagai insan dewasa.

CAMBRIDGE LOWER SECONDARY PROGRAMME (LSP)
SMP Lazuardi Haura menerapkan program LSP dari the university of cambridge  International Examination (CIE) untuk siswa berusia 11-14 tahun. Program ini menyediakan test standar untuk memonitor perkembangan siswa dalam pengetahuan dan keahlian dibidang Matematik, Bahasa Inggris dan Sains. Program ini sekaligus juga menyiapkan siswa untuk melanjutkan ke kualifikasi formal IGCSE atau O level programme melaui test Ceck Point.
Dengan mengikuti program ini, SMP Lazuardi menyiapkan lulusannya untuk dapat mengikuti program sertifikasi kelas dunia.