Vision, Mission and Values

Vision, Mission and Values

Vision, Mission and Values

Visi
Mencapai word class school yang dapat menjadi sumber inovasi dan kreativitas dalam upaya perbaikan terus-menerus falsafah, prinsip, sistem dan praktik pendidikan serta mendorong kearah pemerataan pendidikan berkualitas untuk seluruh masyarakan Indonesia.

Misi
Membekali siswanya untuk dapat memiliki kesemua bekal bagi suatu kehidupan yang baik, di dunia dan di akhirat, mengadvokasi pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan yang baik dan accessible untuk seluruh masyarakat Indonesia serta menorong tumbuhnya sekolah-sekolah yang berkualitas.

Aim (tujuan akhir) pendidikan Lazuardi
Menghasilkan siswa yang sejahtera baik secara fisik (sandang, pangan, papan), secara mental (memiliki self esteem yang kuat), dan secara spiritual (memiliki sense of purpose in life dan sense of mission to help other, demi meraih kebahagiaan di dunia maupun di akhirat)

Goals (sasaran) Lazuardi
Dengan berlandaskan konsep Taksonomi Bloom yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, proses pembelajaran diharapkan mengembangkan life skills siswa didik ke tingkat yang paling tinggi termasuk :

Kompetensi personal
Beriman kuat, bertakwa dan berakhlak mulia, percaya diri dan kreatif

Kompetensi social
menguasai kemampuan komunikatif, memiliki kemampuan menjalin dan membangun relasi dengan kelompok masyarakat yang beragam, memiliki kepribadian social dan cinta lingkungan

Kompetensi akademik
menguasai kemampuan-kemampuan dasar, memiliki kecintaaan kepada ilmu pengetahuan, tahu cara mengembangkan ilmu, memiliki wawasan luas, dan menguasai kemampuan riset

Kompetensi vokasional memiliki keterampilan tinggi di bidang tertentu

Tujuan kelembagaan Lazuardi

Menjadi world class school, yang memiliki ciri-ciri :
Memiliki SDM dalam jumlah cukup yang capable, terus belajar, serta bersikap dan bekerja professional
Memiliki organisasi dan manajemen yang supportive
Selalu memiliki perencanaan-perencanaan yang sistematis
Memiliki standar-standar best practice dan menerapkannya dengan sebaik-baiknya
Memiliki system monitoring dan control untuk memastikan best practice berjalan disamping juga membuka ruang bagi continuous improvement
Memiliki resources yang cukup untuk menyelenggarakan organisasi dengan sebaik-baiknya

Layanan yang diberikan Lazuardi
Penyelenggaraan pendidikan tingkat Pra TK/TK, SD & SMP
Pengembangan program dwi bahasa
Program pendidikan khusus (special education )
Pengembangan parenting skills

Nilai-nilai pedagogis yang dianut Lazuardi dalam layanan pembelajaran
Memandang bahwa setiap siswa memiliki kecerdasan yang khas sesuai dengan konsep Multiple Intelligences Howard Gardner
Memandang lingkungan sebagai laboratorium belajar yang tak terbatas
Memandang sekolah sebagai rumah kedua bagi seluruh civitas
Meyakini bahwa proses belajar yang memunculkan kreativitas dan daya belajar hanya akan berjalan dalam suasana yang demokratis, fun and enjoyable, contextual, brain based, enforcing, positive emotions, kompetitif secara benar dan proporsional, mendorong kerja-keras berdasar kecintaan (vocation) dan student oriented
Alih-alih pada hasil belajar, penekanan diberikan pada proses belajar
Memandang bahwa keberhasilan pembelajaran di sekolah hanya akan tercapai jika ada kerjasama yang baik antara guru/sekolah, orang tua dan masyarakat secara keseluruhan
Mengembangkan keterbukaan dan inovasi terus-menerus berdasarkan evaluasi dan temuan baru di dunia pendidikan

Kurikulum Lazuardi
Lazuardi membangun kurikulum dan proses pembelajaran yang khas dengan berdasarkan pada kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum Internasional yang sesuai dengan visi-misi Lazuardi dengan memperhatikan kondisi khas masing-masing anak
Kurikulum Lazuardi mencakup program-program intrakurikular yang didukung dengan aneka program penunjangnya baik yang besifat kokurikular, ekstrakurikular, klub-klub, event-event dan budaya sekolah yang merupakan bagian dari hidden curriculum sekolah yang memperkaya dan memperkuat pengalaman belajar tidak hanya bagi siswa, tetapi juga bagi orangtua.

Menerapkan paradigma multiple intelligences yang meyakini bahwa kecerdasan bersifat majemuk (meliputi tak kurang dari 9 jenis, termasuk kecerdasan musical, kecerdasan gerak, kecerdasan emosional, kecerdasan ruang dan seterusnya dan bukan tunggal sebagaimana paradigma lama berbasis IQ) bahwa kesemua kecerdasan itu memiliki nilai yang sama, dan bahwa semua anak pasti memiliki kecerdasan khas yang menonjol dan perlu untuk dikembangkan secara maksimum untuk menjamin keberhasilan hidupnya
Menggunakan multimetode pembelajaran (teknis bagaimana pembelajaran dilaksanakan) antara lain ceramah, diskusi, role, play, games, dsb

Menekankan Authentic Assessment. Yakni menilai siswa yang lebih berfokus pada penilaian proses ketimbang angka kuantitatif, yang diperoleh lewat teknik assessment yang lebih berorientasi pada cara-cara penilaian di dunia nyata dan berbasis portafolio (kumpulan karya dan prestasi siswa sepanjang masa belajar), ketimbang standardized test (tes yang seragam), dan test out untuk materi pelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri

Menerapkan program dwibahasa. Tujuan penerapan program ini adalah untuk mendukung kemampuan siswa dalam berbahasa inggris
Mengadopsi Cambridge International Primary Program (CIPP) untuk Sekolah Dasar dan Lower Secondary Program (LSP) untuk Sekolah Menengah Pertama. Dalam rangka memperkuat unsur internasional kurikulum dan menunjang keberhasilan program bilingual, sejak bulan Juni tahun 2007, Lazuardi mengadopsi Cambridge Internasional Primary Programme (CIPP) yakni suatu program internasional di bawah naungan University of Cambridge International Examination (CIE), Inggris, CIE merupakan lembaga terbesar didunia yang menawarkan kualifikasi dan program internasional seperti GCE A Level, IGCSE, GCEO Level, dan CIPP.

Last but not least, penguatan nilai-nilai keIslaman secara integrative ke dalam setiap proses pembelajaran, termasuk di dalamnya penguasaan tata-cara ibadah ritual