Enter your keyword

post

Sharing Session dengan BMKG

Event: Sharing Session dengan BMKG
Time: 27 September 2018
Press Release
WASPADA BENCANA – Supercamp Lazuardi GCS 2018

Lazuardi Global Compassionate School menggelar acara Supercamp 2018, yaitu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun di SD Lazurdi GCS. Kegiatan yang bertujuan untuk melatih kemandirian dan menambah rasa syukur  siswa ini dikemas dengan kegiatan kemping ditambah kegiatan lainnya yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan.

Mengingat Indonesia termasuk negara rawan gempa, maka pengetahuan tentang bagaimana menyelamatkan diri saat gempa dirasa perlu untuk diketahui seluruh siswa dan guru. Untuk  itu Lazuardi GCS menghadirkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Supercamp 2018.

BMKG yang diwakili oleh Kak Ririn dan Kak Irma ( Humas BMKG) memaparkan pada siswa  penyebab gempa serta tips menyelamatkan diri dengan tepat saat terjadinya gempa bumi. Serunya lagi, anak-anak tidak hanya mendapatkan pemaparan materi, namun juga melakukan simulasi menghadapi gempa di sekolah.

Para siswa berkumpul di kelas  masing-masing, lalu dibunyikan bel pertama pertanda gempa. Siswa pun mempraktikkan pengetahuan yang didapat dari BMKG tentang bagaimana  melindungi diri ke tempat-tempat yang aman di sekitarnya. Kemudian bel kedua pun dibunyikan dan siswa harus bergerak menuju lokasi terbuka terdekat dengan tertib.

Tips yang paling penting untuk diingat para siswa adalah, jangan panik dan langsung berlari ketika gempa terjadi, karena hal ini yang justru berpotensi membahayakan nyawa. Yang harus dilakukan ketika gempa terjadi adalah berlindung di bawah benda yang kokoh seperti meja atau berdiri di pilar atau tiang terdekat. Setelah 5 menit dari gempa terjadi  baru menuju ke lokasi terbuka dan berjalan dengan tenang. Semoga menjadi pengalaman berharga dan menjadi bekal untuk siswa kala menghadapi gempa

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.